Pemerintah RKP Pekon Sukajaya Adakan Musyawarah Dusun & Desa (Musdus-Musdes) Pembahasan Rencana Kerja

 

Tanggamus, SIARANPOST.COM,-

Pemerintah Pekon Sukajaya Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus Lampung,mulai menyusun Rencana Kerja Pemerintah Pekon (RKP-Pekon). Hal itu dilakukan untuk penyusunan prioritas pembangunan pada anggaran tahun 2024.

Kick off rapat penyusunan RKP-Pekon dilaksanakan secara offline di aula kantor Pekon setempat Jalan Hj.Ismail Rt 001. RW 001. Pekon Sukajaya, Selasa( 12/09/2023 ).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh: BHP beserta anggota, Kepala Pekon (Abdul Karim), Camat Semaka yang mewakili (Subowo), perangkat Pekon dan staf, Ketua RW/RT, Ketua LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pendamping lokal Desa (Frengki as) ,cakupan pemerintahan Pekon Sukajaya.

Kepala Pekon Abdul Karim mengatakan, penetapan RKP- Pekon 2024 dilaksanakan. “Rangkaian dimulai dengan Kick off Meeting untuk penyamaan persepsi antara semua yang diusulkan sebagai acuan modal dasar untuk langkah pembangunan kedepannya, semoga yang sudah menjadi kesepakatan nanti bisa terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan. Mengacu pada beberapa tahun yang lalu, walaupun sudah disepakati bersama sebagai prioritas terhalang oleh bencana yang mendunia seperti waktu saat pandemi Covid 19. Dana yang seharusnya kita bangun di berbagai sektor lanjut bagikan ke masyarakat KPM sebagai BLT gunakan Dana Desa, sehingga tidak bisa tercover semua rencana kerja pembangunan pekon yang sudah ada,”ujarnya.

Camat Semaka mewakili (Subowo) sebagai Kepala Seksi pembangunan mengatakan; Mengenai penyusunan RKP -Pekon, penyampaian tema dan prioritas pembangunan tahun 2024 harus sesuai dengan program kegiatan itu,”harus satu bunyi satu kata ,” karena itu adalah kekuatan dalam regulasi musyawarah, supaya tidak ada anggapan adanya intervensi dari pihak manapun dan bukan atas dasar aspirasi atau kehendak masyarakat, menjaga tidak terjadi menimbulkan pelanggaran dalam musyawarah untuk penggunaan dana desa. penyampaian jadwal perencanaan RKP -Pekon harusnya memang sudah ada sejak dahulu sebagai fisi misi dari kepala pekon,”ungkapnya.

Menurut Frengki as, di sela sela saat menampung semua aspirasi masyarakat yang banyak sekali harapan dan usulannya terhadap pemangku jabatan publik khususnya di pemerintahan pekon Sukajaya, “perencanaan harus dilakukan sebagai tahapan penting dalam proses pembangunan. RKP -Pekon tahun 2024 nanti.
Perencanaan juga harus berpihak kepada pembangunan bersifat pemerataan di setiap RW/RT agar dapat secara langsung dirasakan masyarakat dan tepat sasaran.
Adapun dari semua usulan dari aspirasi masyarakat itu kita simpulkan yang di jadikan skala prioritas
1.Pembangunan berkelanjutan gedung Posyandu
2.Pembangunan gedung Paud
3.Rabat beton jalan batuan
4.Perbaikan gorong gorong di RT02 dan RT04
5.Perbaikan pipa/paralon Pamsimas
6.Normalisasi Siring,” tutup nya.

Abdul Karim juga menegaskan, “perlunya inovasi dalam perencanaan perbaikan tata pekon yang agamais humanis dan budayis yang di jadikan simbul terbentuknya Pekon Sukajaya 13 tahun lalu yang kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang,” tandasnya.

Suhardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *