Sekdinkes Dr.Agus Fauzi Hadiri Deklarasi ODF di Kecamatan Jasinga

 

BOGOR,-SP.COM,- Dalam upaya meningkatkan sanitasi dan kesehatan masyarakat, tujuh Desa di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, meraih status ODF (Open Defecation Free) atau bebas dari praktik Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Deklarasi ini menjadi langkah bersejarah yang disambut baik oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Deklarasi ODF, yang digelar di aula kantor Desa Bagoang pada Rabu, 18 Oktober 2023, menampilkan komitmen Desa-Desa tersebut untuk memberikan akses yang lebih baik kepada warganya terhadap fasilitas sanitasi yang layak. Praktik BABS telah lama menjadi masalah kesehatan masyarakat dan lingkungan yang perlu segera diatasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor,Dr. Agus Fauzi menyatakan, “deklarasi ODF hari ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan mengingatkan tentang pentingnya masyarakat tidak membuang air besar sembarangan. Ini adalah langkah berani yang harus diapresiasi”, ujarnya.

Perubahan perilaku masyarakat dalam hal sanitasi yang lebih baik, serta peran aktif Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat, merupakan kunci keberhasilan deklarasi ODF ini. Tim kolaborasi Pemerintah Kecamatan Jasinga, organisasi masyarakat, dan relawan telah membuktikan bahwa upaya bersama dapat mencapai perubahan positif.

Deklarasi ODF di Kecamatan Jasinga menjadi inspirasi bagi wilayah lain dalam upaya menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih bersih. Status ODF diraih oleh tujuh desa, yaitu Desa Jasinga, Desa Setu, Desa Cikopomayak, Desa Sipak, Desa Kalongsawah, Desa Pamagersari, dan Desa Pangradin.

Acara deklarasi ODF dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekdis Kesehatan Kabupaten Bogor, Kepala Puskesmas, Pemerintah Kecamatan, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa serta tamu undangan. Langkah ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan dan lingkungan hidup di wilayah ini. (BARON SAKSENA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *