Program Kesehatan Dalam Pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Jasinga

 

Bogorsiaranpost.com,-Puskesmas Jasinga. Kecamatan Jasinga. Kabupaten Bogor. Jawa Barat, menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor tahun 2024. Acara berlangsung di aula Puskesmas Jasinga. Rabu (24/04/2024).

Lokakarya Mini lintas sektor merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait, untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan Puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas.

Tujuan dilaksanakannya Lokakarya Mini lintas sektor adalah untuk menginformasikan program bantuan operasional kesehatan yang telah maupun akan dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Jasinga kepada berbagai pihak agar dapat menyinkronkan pelaksanaan program kesehatan dengan pelaksanaan program di lintas sektor. Sehingga dengan adanya kegiatan ini,dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Jasinga.

Kegiatan Lokmin lintas sektor tersebut dibuka langsung Camat Jasinga yang di wakili  Siti Latifah dan dihadiri Ketua TP-PKK Kecamatan Jasinga.

Turut hadir Kepala Puskesmas Jasinga Dr.Hj. Noor Alya beserta staf jajaran tenaga kesehatan Puskesmas, Polsek Jasinga, Koryandik, Kepala UPT LHK , Kepala PLKB, Ketua PKK, Ketua MUI, Ketua BPD, Ketua PSM, Ketua PKH, kader Posyandu, serta para Kepala Desa dari tujuh Desa se- Kecamatan Jasinga.

Saat di temui di sela- sela acara, Kepala Desa Setu Esa Asmarini AMK mengatakan, ” kami yang berada di wilayah kerja Puskesmas Jasinga diundang ke Puskesmas Jasinga ini, untuk rapat koordinasi .Jadi ada beberapa tadi yang disampaikan oleh pihak Puskesmas kepada kita terkait dengan capaian dan program-program dari Puskesmas Jasinga yang Alhamdulillah kita jadi tahu yang capaian targetnya dan Apa permasalahannya karena keberhasilan satu lembaga atau Puskesmas ini tidak lepas dari dorongan¬† Desa-Desa yang ada di sekitarnya. karena yang berobat ke Puskesmas Jasinga adalah warga setempat ,yang kadang kita sendiri Kepala Desa mendapatkan atau masukan informasi dan yang lainnya dari masyarakat.Nah kegiatan ini selalu dilaksanakan oleh Puskesmas Jasinga di bawah pimpinan Dokter Hj.Noor Alya yang luar biasa membawa Puskesmas Jasinga terus lebih baik dari tahun-tahun selanjutnya “, ujar Kades Setu.

Sementara Kepala Puskesmas Jasinga Dr.Hj.Noor Alya mengatakan, kegiatan Lokmin lintas sektor adalah kegiatan rutin yang kita lakukan per triwulan

” Kita lakukan kegiatan untuk koordinasi dengan semua lini ,baik itu dari Muspika kemudian Kepala Desa, dari Dinas-Dinas lain yang terkait ataupun dari perwakilan,masyarakat ataupun kader,untuk kita melakukan kerjasama bersama tim, menyampaikan hasil capaian-capaian kegiatan Puskesmas baik yang baru maupun yang lama “, jelasnya .

Kemudian juga update berita-berita ataupun hasil kegiatan semua yang ada di Puskesmas kita sampaikan ke masyarakat untuk kegiatan tersebut.

Dr.Hj.Noor Alya berharap ,”dengan adanya pertemuan kita menghadirkan semua lintas sektor, baik itu dari Kecamatan, dari Polsek ataupun Koramil ataupun dari yang lain, kita berharap ada masukan juga ada saran dari masyarakat terkait tentang pelayanan dan bagaimana kita caranya untuk meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan Puskesmas.Adanya tamu-tamu yang kita undang tadi bukan hanya sekedar kita menyampaikan hasil capaian namun kita juga minta masukan dan saran untuk mempertahankan mutu pelayanan dan peningkatannya “,pungkasnya.

“Denny Jenott”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *